Home Event Gebrakan Pembelajaran Berbasis Digital, Pendidikan Kimia UNRI Adakan Pengabdian ke Kabupaten Indragiri Hulu

Gebrakan Pembelajaran Berbasis Digital, Pendidikan Kimia UNRI Adakan Pengabdian ke Kabupaten Indragiri Hulu

by admin

Dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNRI melaksanakan kegiatan Pendidikan Kimia Mengabdi 2021 yang bertemakan “Pembuatan Media Pembelajaran Digital (kahoot, quiziz, socrative, dan flipbook maker) Untuk Guru-guru di Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu,” yang dilaksanakan di Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu tepatnya di SMP Negeri 1 Rengat pada (25/9) lalu.

Kegiatan dilaksanakan berdasarkan situasi pembelajaran daring yang menuntut seorang guru harus mampu menyajikan suatu media pembelajaran berbasis digital. Penggunaan media berbasis digital ini juga sudah sesuai dengan pembelajaran abad 21, di mana peserta didik harus melibatkan teknologi dalam pembelajaran. Sehingga guru-guru perlu diberi pelatihan dalam menyajikan dan mempersiapkan media ajar digital.

Koordinator Prodi Pendidikan Kimia, Bapak Abdullah, M.Si dalam kata sambutannya menjelaskan manfaat dari pelatihan media pembelajaran berbasis digital yaitu dapat membantu guru dalam proses pembelajaran.

“Media pembelajaran digital tentunya akan sangat membantu guru dalam proses pembelajaran baik di kelas maupun pembelajaran jarak jauh. Selain praktis, materi pembelajaran dapat disampaikan lebih baik dengan memanfaatkan teknologi secara optimal,” ujarnya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Dekan 1 FKIP Universitas Riau yakni Prof. Jimmi Copriady, M.Si. Beliau menyampaikan bahwa guru harus bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi agar proses pembelajaran tetap relevan mengikuti zaman.

Bapak M. Nasir selaku Plt kepala sekolah SMP Negeri 1 Rengat mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa dan bapak/ibu dosen yang telah hadir untuk memberikan pelatihan media pembelajaran berbasis digital.

“Kami berterima kasih atas kehadiran rombongan pendidikan kimia dan mohon maaf jika ada kekurangan kami dalam penyambutan. Untuk peserta pelatihan ikuti acara ini dengan sebaik-baiknya karna ini berguna buat kita untuk membuat media pembelajaran digital di saat sekarang ini,” ujarnya.

Pelatihan ini mengajarkan pembuatan media pembelajaran menggunakan kahoot!, Quizizz, Socrative, dan pembuatan buku digital menggunakan flipbook maker. Pelatihan media pembelajaran berbasis digital berlansung sukses, hal ini terlihat dari guru-guru yang antusias mengikuti rangkaian acara pelatihan.

Penulis: Rani Karimul Azimah

You may also like