HIMAPROSTPEK SUKSES LAKSANAKAN PENDIDIKAN KIMIA MENGABDI 2022

by admin

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia (HIMAPROSTPEK) FKIP Universitas Riau sukses menggelar Pendidikan Kimia Mengabdi 2022 di Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari mulai Kamis(29/9) hingga Sabtu (1/10). Terdapat tiga lokasi pelaksanaan Pendidikan Kimia Mengabdi 2022, yaitu SMAN 1 Kuok, SMPN 1 Kuok dan SDN 018 Kuok. Kegiatan berlangsung dengan mengusung tema “Kimia Mengabdi Penyongsong Smart Society 5.0 dalam Meningkatkan Kemampuan Creativity, Critical Thinking, Communication, and Collaboration Menuju Era Tatanan Kehidupan Baru”.

Kegiatan diadakan dalam rangka memperluas wawasan kreatif dan inovatif guna menghadapi tantangan IPTEK dan IMTAQ di dunia pendidikan serta memperkenalkan karya yang dapat diabdikan pada masyarakat serta tentunya untuk memperkenalkan kimia lebih luas kepada masyarakat setempat. Kegiatan pengabdian ini merupakan program kerja tahunan yang diselenggarakan oleh HIMAPROSTPEK, namun dikarenakan Pandemi Covid-19, kegiatan sempat vakum selama 2 tahun yaitu tahun 2020 dan 2021.

Selama tiga hari mengabdi, banyak kegiatan yang telah dilakukan. Berikut beberapa kegiatan yang diadakan selama kegiatan Pendidikan Kimia Mengabdi 2022:

  1. Hari pertama, Kamis (29/9) : pelepasan, pembukaan, permainan SMA, dan wirid
  2. Hari kedua, Jum’at (30/9): kegiatan dilaksanakan ditiga tempat,
  3. SMAN 1 Kuok : Uji Kemampuan Tertulis (UKT), Rangking 1 SMA, Atraksi Kimia SMA, dan Training Motivasi
  4. SMPN 1 Kuok: Permainan SMP, Ranking 1 SMP, dan Atraksi Kimia SMP
  5. SDN 018 Kuok: Training motivasi dan permainan SD
  6. Hari ketiga, Sabtu (01/10): Senam bersama, Pelatihan Guru, dan Penutupan

Pendidikan Kimia Mengabdi 2022 dihadiri oleh petinggi Kecamatan Kuok di acara pembukaan dan penutupan seperti Kepala Cabang Dinas Wilayah III Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Camat Kec. Kuok yang diwakili oleh sekeretaris camat, Kapolsek Kec. Kuok/yang mewakili, Kepala Sekolah SMA, SMP dan SD se-Kecamatan Kuok, Majelis guru dan Petinggi setempatdi Kuok. Tidak ketinggalan, kegiatan ini tentu saja dihadiri secara langsung oleh Kepala Program Studi Pendidikan Kimia dan dosen-dosen dari prodi Pendidikan Kimia, bahkan juga dihadiri oleh Wakil Dekan I FKIP Universitas Riau.

“Terima kasih saya ucapkan sebesar-besarnya telah mempercayakan kegiatan tahunan program studi pendidikan kimia HIMAPROSTPEK, Pendidikan Kimia Mengabdi ini di SMAN 1 Kuok. Kami bangga sekarang dengan kimia ini, bangga dengan adek-adek semua, mampu menciptakan sesuatu yang lebih baik untuk kedepannya, mampu meningkatkan kembali nama kimia kedepannya, jaga dengan sebaik mungkin. Terakhir kami ucapkan selamat datang kembali, semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk kita semua, bermanfaat untuk kemajuan pendidikan kimia, bermanfaat untuk SMAN 1 Kuok, dan bermanfaat untuk kecamatan Kuok khususnya” ujar Bapak Addinul Adli, selaku Kepala Sekolah SMAN 1 Kuok. Kegiatan pengabdian ini berjalan dengan kondusif dan lancar. Hal ini terbukti dengan antusiasme dari siswa-siswi yang terlibat serta para majelis guru yang ikut meramaikan kegiatan yang disusun oleh panitia. Bahkan ada permintaan langsung dari kepsek SMAN 1 Kuok untuk mengadakan lomba Rangking 1 untuk mahasiswa dan guru-guru SMAN 1 Kuok.

You may also like

Leave a Comment