Home Event Tim PKM-RSH Prodi Pendidikan Kimia Berhasil Lolos PIMNAS 34

Tim PKM-RSH Prodi Pendidikan Kimia Berhasil Lolos PIMNAS 34

by admin

TIM PKM-RSH Prodi Pendidikan Kimia Berhasil Lolos PIMNAS 34

Tim PKM-RSH Prodi  Pendidikan Kimia berhasil lolos pada  PIMNAS 34 oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas). Tim PKM- RSH yang diketuai oleh Yanna Irma Wati Simanjuntak bersama 3 anggotanya Melinda Sari, Berliana Iga Lestari dan Ismah, dengan dibimbing oleh Dosen yang luar biasa yakni Fitri Aldresti, S.Pd, M.Pd.

Tim PKM-RSH merupakan salah satu yang lolos dari 5 tim PKM UNRI yang mengikuti PIMNAS 34. Sebelumnya terdapat 45 tim PKM yang lolos pendataan, namun pada tanggal 28 September 2021 terdapat 5 tim PKM yang lolos PIMNAS 34. Salah satunya Tim PKM-RSH dengan membawa judul Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Materi Larutan Penyangga dan Model Blended Learning. Alasan dari Tim PKM-RSH mengambil judul tersebut , karena Blended learning ini  merupakan penggabungan pembelajaran yang didominasi oleh 70% pembelajaran daring. Pelaksanaan blended learning menjadi salah satu pembaharuan yang menghadapi tantangan pendidikan terutama dalam kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia saat ini. Tingginya persentase masalah peserta didik dalam mengikuti pembelajaran daring, misal rendahnya pemahaman konsep yang benar pada materi kimia larutan penyangga pada peserta didik menjadi permasalahan.

Berdasarkan riset awal yang dilakukan Tim PKM-RSH, mereka melakukan penelitian yang membutuhkan waktu lebih kurang 3 bulan dan akhirnya berhasil mengembangkan e-modul interaktif untuk pembelajaran yang valid. Hasil riset penelitian mereka membuahkan hasil dengan dinyatakan  lolos PIMNAS 34. Tetapi karena dalam kondisi pandemi saat ini, PIMNAS 34 tidak dilakukan secara langsung melainkan secara  virtual pada tanggal 26- 30 Oktober 2021, yang diselenggarakan di Universitas Sumatera Utara.

Tim PKM-RSH saat ini sedang melakukan persiapan matang menghadapi PIMNAS 34 dengan mengikuti pembekalan, pendampingan, pelatihan prestasi dan pembuatan poster yang diadakan oleh kemahasiswaan UNRI. Tim PKM-RSH saat ini sedang berusaha semaksimal mungkin agar dapat membawa mendali emas  dan mengharumkan nama UNRI. “ Semoga sukses, tetap harumkan nama UNRI dalam PIMNAS 34, dan mampu memperoleh mendali emas,” harap Yanni optimis.

Penulis: Harika

You may also like