About Us

1   Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran serta Strategi Pencapaian

 

1.1  Jelaskan mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi, serta pihak-pihak yang dilibatkan.

Visi, misi, tujuan dan sasaran program studi disusun dengan mengacu pada visi, misi, tujuan dan sasaran Universitas Riau dan visi, misi, tujuan dan sasaran FKIP Universitas Riau. Penyusunannya dilakukan dalam rapat program studi tahun 2003 sesuai instruksi Dekan FKIP dalam rangka pengembangan FKIP kedepan diminta kepada semua prodi dilingkan FKIP menyusun Visi, Misi, Strategi dan Tujuan yang sejalan dengan institusi FKIP dan Universitas. Pihak yang dilibatkan, semua dosen program studi pendidikan kimia. Dalam rapat, masing-masing dosen diminta mengusulkan rumusan visi, misi, strategi dan tujuan, selanjutnya dipilih yang sesuai dengan isu yang berkembang di FKIP dan Universitas. Melalui kerja tim perumus dibuatlah visi, misi, strategi dan tujuan seperti yang ada sekarang. Sampai saat ini belum ada peninjauan visi, misi, strategi dan tujuan prodi pendidikan kimia,

1.2  Visi

Program Studi Pendidikan Kimia-FKIP Universitas Riau pada tahun 2020 menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Kimia di wilayah Indonesia Barat

1.3  Misi

  1. Mengembangkan Program Studi Pendidikan Kimia sesuai dengan kebutuhan zaman sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Meningkatkan kualitas SDM di Bidang Pendidikan Kimia.
  3. Menyebarluaskan informasi hasil-hasil Penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat dalam rangka mewujudkan Tridharma Perguruan Tinggi.
  4. Berpartisipasi meningkatkan pendidikan wilayah pesisisir dan Daerah Aliran Sungai dengan  menyediakan tenaga pendidik yang berkualitas, khususnya guru mata pelajaran kimia dan Sains pada umumnya.

1.4  Tujuan

  1. Mendidik Mahasiswa sehingga mampu mengaplikasikan ilmu kimia dan pendidikan kimia untuk mensejahterakan dirinya sendiri, masyarakat dan umat manusia pada umumnya.
  2. Membina penyelenggaraan proses belajar mengajar sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas dan terampil sesuai dengan keahliannya.
  3. Memberdayakan tenaga pengajar sehingga menjadi tenaga profesional di bidang kimia dan pendidikan kimia.
  4. Menghasilkan tenaga guru kimia dan sains yang dapat mengabdi dan mengembangkan pendidikan sesuai dengan potensi dan keadaan alam di daerah Riau khususnya dan Indonesia Umumnya

1.5  Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

  1. Untuk memenuhi kebutuhan guru IPA khususnya guru kimia di Propinsi Riau.
  2. Meningkatkan kualitas lulusan (output).
  3. Mewujudkan suasana akademik yang kondusif.
  4. Meningkatkan kualifikasi dosen melalui jenjang pendidikan S2 dan S3.

Strategi Pencapaian dibagi dalam dua cara, yaitu:

1. Strategi bidang akademik :

– Meningkatkan kualitas SDM: mengirimkan dosen seminar, workshop, training dan pendidikan bergelar baik didalam negeri maupun luar negeri. Pada tahun 2014 diharapkan PS mempunyai 9 oang dosen berkualifikasi S3 dengan spesialisasi sesuai bidangnya.

– Meningkatkan fasilitas perkuliahan: Pembangunan gedung laboratorium dan ruang belajar yang representatif dan melengkapi sarana pendukung pembelajaran.

– Meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran melalui MONEV berkala dan berkelanjutan.

– Pengembangan jejaring dan kerjasama: Perluasan relasi baik secara personal maupun institusi untuk menggalang peluang kejasama, pelatihan, pendidikan, temu ilmiah dan penelitian.

– Mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat: Meningkatkan penelitian tindakan kelas  melalui kolaborasi dengan sekolah serta pengembangan lesson study.

2. Strategi bidang non akademik :

– Meningkatkan  pembinaan kegiatan kemahasiswaan: Membina dan memfasilitasi kegiatan mahasiswa seperti pelaksanaan olimpiade kimia, praktek kerja lapangan (PKL.

–  Meningkatkan peran alumni dalam pengembangan PS: Meminta saran dan masukan dari alumni untuk kebaikan PS dalam acara temu alumni. Pemberdayaan alumni dalam pengembangan prodi

2      Sosialisasi

Uraikan upaya penyebaran/sosialisasi visi, misi dan tujuan program studi serta pemahaman sivitas akademika (dosen dan mahasiswa) dan tenaga kependidikan.

Visi, misi, tujuan dan sasaran program studi disosialisasikan melalui:-       Penempelan poster di ruang dosen, ruang administrasi program studi, laboratorium dan ruangan himpunan mahasiswa.-       Web site program studi; www.prodipendidikankimia.unri.ac.id–       Penempelan poster dan spanduk pada acara yang diselenggarakan program studi (temu alumni, seminar dan lain-lain).-       Face book Himpunan mahasiswa dan alumni program studi pendidikan kimia Universitas Riau.-       Penerimaan mahasiswa baru

–   Wisuda sarjana yang dilaksanakan dua kali dalam setahun dimana pada kegiatan tersebut alumni dikumpulkan dan disampaikan pesan sesuai dengan visi, misi, strategi dan tujuan prodi pendidikan kimia.

–   Secara berkala diterbitkan dalam mading yang dikelola himpunan mahasiswa pendidikan kimia.

Pemahaman sivitas akademika dan tenaga kependidikan tentang visi, misi, tujuan dan sasaran program studi cukup bagus. Hal ini dapat dilihat dari meningkatkan kualifikasi pendidikan, kinerja dosen yang semakin bagus dalam memberikan pelayanan pada mahasiswa, dan keterlibatan dosen dalam berbagai kegiatan penelitian dan forum ilmiah yang merupakan wahana untuk meningkatkan kemampuan.

Kinerja Dosen dalam penelitian juga semakin baik yang dapat dilihat dari diraihnya berbagai dana penelitian seperti Hibah Pekerti, Hibah Bersaing , Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan penelitian lokal (SPP DPP). Kinerja Dosen dalam penelitian ini mendapat reward dari fakultas sebagai peneliti terbaik tingkat fakultas atas nama Betty Holiwarni dan Rasmiwetti (2009).

Untuk meningkatkan mutu lulusan, sivitas akademik sudah berupaya untuk meningkatkan kemampuan dengan pemanfaatan media pembelajaran dalam perkuliahan dan mengevaluasi kurikulum agar menyesuiakan dengan tuntutan kekinian dan pengguna lulusan. Evaluasi kurikulum dilakukan secara kelompok dan program studi setelah mendapatkan saran dan pegalaman dari lulusan baik secara individu maupun terorganisir oleh program studi. Hasil peningkatan kualitas mahasiswa dapat dilihat dari  prestasi yang diraih mahasiswa pendidikan kimia pada berbagai event baik lokal maupun nasional.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 − five =

Universitas Riau