Jalur Seleksi

Bagi anda yang berminat untuk kuliah di UNRI, maka anda perlu mengetahui jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UNRI,

Pada tahun ini, UNRI kembali berpartisipasi dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional. Selain itu, UNRI juga membuka jalur mandiri yang dikenal dengan UM UNRI.

Penjelasan mengenai jalur nasional dan jalur mandiri UNRI tersebut dapat anda simak dengan baik berikut ini.

 

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNRI Jalur Nasional

Jalur nasional adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dikelola secara langsung oleh Pemerintah. Jalur nasional tersebut terdiri dari jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Bidikmisi.

 

  1. Pendaftaran SNMPTN

SNMPTN merupakan jalur seleksi undangan nasional yang hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini. Proses pendaftaran diawali oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswa-siswinya ke alamat pdss.snmptn.ac.id, kemudian siswa-siswi melakka verifikasi data di alamat tersebut. Setelah itu melakukan pendaftaran SNMPTN secara online ke alamat web.snmptn.ac.id

 

  1. Pendaftaran SBMPTN

SBMPTN merupakan jalur seleksi nasional masuk ke PTN yang seleksinya dilakukan melalui ujian soal yang dapat dikerjakan secara tertulis (PBT) atau dapat juga menggunakan komputer (CBT) dimana ujian soal tersebut diberikan untuk semua peserta, dan untuk peserta yang memilih prorgam studi bidang seni atau keolahragaan harus mengikuti ujian tambahan berupa ujian keterampilan. Calon peserta yang berminat mengikuti seleksi SBMPTN terlebih dahulu harus melakukan pendaftaran secara online melalui alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id.

 

  1. Pendaftaran Bidikmisi

Bidikmisi adalah salah satu program dari Pemerintah untuk memberkan kesempatan yang sama kepada calon mahasiswa tidak mampu untuk menuntut ilmu di Perguruan Tinggi.

Dalam hal ini Pemerintah memberikan suatu bantuan berupa biaya pendidikan yang disebut dengan Bidikmisi yaitu untuk membiayai kuliah mahasiswa tersebut selama 8 semester (S1) dan 6 semester (D3) dan mahasiswa tersebut harus dapat mnyelesaikan kuliahnya dengan tepat waktu.

Pengajuan Bidikmisi dilakukan sejak awal seleksi penerimaan mahasiswa baru. Calon peserta harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah saat ingin mendaftar.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Calon peserta dapat mengikuti Bidikmisi jalur SNMPTN atau Bidikmisi jalur SBMPTN, dan apabila dbuka akan ada Bidikmisi jalur mandiri UNRI. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat di website UNRI

 

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNRI Jalur Mandiri

Jalur mandiri UNRI merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dikelola secara lengsung oleh UNRI. Jalur ini juga dapat dikatakan sebagai jalur alternatif masuk UNRI. Jalur mandiri UNRI terdiri dari jalur-jalur berikut ini.

 

  1. Pendaftaran PBUD / UTM UNRI

PBUD/PBM UR atau Penelusuran Bibit Unggul Daerah/ Penelurusan Bakat dan Minat Universitas Riau adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang merupakan jalur seleksi undangan lokal yang diadakan oleh UNRI diperuntukkan bagi para siswa berprestasi dari masing-masing sekolah.

Proses pendaftaran dilakukan seperti alur berikut ini :

  • Kepala Sekolah yang mendaftarkan Kepala Sekolah mendaftarkan Sekolah sebagai Peserta PBUD UR pada alamat pbud.unri.ac.id
  • Kepala sekolah merekomendasikan para siswa berprestasinya sebagai peserta PBUD/PBM UR tahun ini dengan mengisi data rapor siswa.
  • Setelah mengisi data-data siswa, akan diberi nomor pendaftaran olah Panitia.
  • Kepala Sekolah memberikan nomor pendaftaran pada siswa
  • Dengan menggunakan nomor pendaftaran dari Kepala Sekolah, kemudian siswa membayar biaya pendaftaran di Bank BNI.
  • Setelah membayar, maka akan mendapatkan PIN.
  • Dengan menggunakan nomor pendaftaran dan PIN, siswa melakukan pendaftaran dengan mengisi data pribadi dan pilihan program studi, dan data lainnya pada alamat pbud.unri.ac.id

Hal terkait pendaftaran jalur PBUD / UTM UNRI dapat anda tanyakan langsung pada panitia :

Panitia PBUD Universitas Riau, Jl. Binawidya KM 12.5 Simpang Baru Pekanbaru Riau, Indonesia 28293, Telp. 0761- 63272 Fax. 0761- 63272

  1. Pendaftaran UM Mandiri UNRI

UM Mandiri UNRI atau Ujian Masuk Mandiri UNRI adalah jalur seleksi mandiri yang diadakan oleh UNRI untuk menerima mahasiswa baru tertulis dan ujian lainnta sesuai ketentuan masing-masing program studi.

Jalur UM Mandiri UNRI ini dibuka untuk menerima mahasiswa baru jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana. Bagi yang berminat mengikuti seleksi jalur UM Mandiri UNRI, silahkan daftarkan diri anda.

Berikut diberikan alamat masing-masing website untuk beberapa jenjang Pendidikan di UNRI atau klik disini

  • Pascasarjana S2 dan S3 : http://um.unri.ac.id/pascasarjana
  • Program Diploma 3 (D3) : http://um.unri.ac.id/d3
  • Program Transfer Diploma (D3) ke S1 : http://um.unri.ac.id/transfer