Informasi Umum dan Sejarah

          Program studi Pendidikan Kimia merupakan salah satu dari empat program studi di Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (PMIPA) FKIP Universitas Riau. Prodi Pendidikan Kimia FKIP UR berdiri tahun 1994 berdasarkan SK Dirjen DIKTI No : 103/DIKTI/KEP/1994, tanggal 19 April 1994. Pembukaan Prodi Pendidikan Kimia ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan guru kimia khususnya di Propinsi Riau. Tahun 1994 Prodi Pendidikan Kimia mulai menerima mahasiswa baru melalui jalur UMPTN dengan staff pengajar ditransfer dari Program Studi Pendidikan Biologi. Sejalan dengan perkembangannya penerimaan mahasiswa baru dilakukan melalui semua jalur penerimaan sesuai kebijakan Universitas  Riau, dan dilakukan penerimaan dosen baru serta menampung dosen pindahan dari institusi lain sejenis.

          Prodi Pendidikan Kimia saat ini telah memiliki Renstra Prodi tahun 2015-2019. Renstra Prodi disusun sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan prodi  pada kurun waktu tahun 2015-2019.  Program studi Pendidikan Kimia FKIP UR selama ini dalam pelaksanaan kegiatan mengacu kepada peraturan yang berlaku di tingkat Fakultas dan Universitas.

Dosen Prodi Pendidikan Kimia sampai saat ini terdiri dari 17 orang dosen dengan kualifikasi pendidikan 7 orang S3, 9 orang S2 (2 orang sedang studi lanjut S-3), dan 1 orang S-1. Ditinjau dari segi kepangkatan fungsionalnya kualitas dosen cukup baik. Dari 17 orang dosen, 1 orang Guru Besar, 8 orang berpangkat lektor kepala, 7 orang lektor dan 1 orang asisten ahli. Dosen  Prodi Pendidikan Kimia berusaha untuk meningkatkan kualitas dalam melaksanakan Tri Darma perguruan tinggi.